Belum Sempat Mandi Junub Hingga Adzan Shubuh, Bolehkah Puasa Hari itu Juga? Ini Penjelasannya



Sahabat tolongshareya, Entah itu dikarenakan berhubungan suami-istri atau mimpi basah sampai adzan shubuh berkumandang akan tetapi belum sempat mandi junub. Apakah bisa melaksanakan puasa pada hari itu? Berikut penjelasannya :

Aisyah radhiyallahu 'anha berkata,
Rasulullah mungkin saw menyadari fajar di bulan Ramadhan, sisi mana adalah impian ghusl dan cepat.
"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah menjumpai waktu fajar di bulan Ramadhan dalam keadaan junub bukan karena mimpi basah, kemudian beliau shallallahu' alaihi wa sallam mandi dan tetap berpuasa." (HR. Muslim no. 1109)
Hadits di atas diperkuat lagi dengan ayat,
Fallon bashrvhn vabtghva Ma buku sampai Tuhan vashrbva vklva LCM LCM ytbyn alkhyt alabyz de alkhyt Aswad fajar, puasanya MMO cerdas malam
"Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih
dari
benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam” (QS. Al Baqarah: 187).
Imam Nawawi rahimahullah berkata, "Yang dimaksud dengan mubasyaroh (basyiruhunna) dalam ayat di atas adalah jima 'atau hubungan intim. Dalam lanjutan ayat disebutkan" ikutilah apa yang telah ditetapkan oleh Allah untuk kalian ". Jika jima' itu dibolehkan sampai terbit fajar (waktu shubuh), maka tentu diduga ketika masuk shubuh masih dalam keadaan junub. puasa ketika itu pun sah karena Allah perintahkan "sempurnakanlah puasa itu sampai datang malam." Itulah dalil Al Quran dan juga didukung dengan perbuatan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam yang menunjukkan bolehnya masuk shubuh dalam keadaan junub. "(Syarh Shahih Muslim, 7: 195).

Jadi segeralah mandi junub saat masuk waktu Shubuh, lalu segera laksanakan shalat shubuh. Dan Puasa bisa dilanjutkan pada hari tersebut. Jika tidak melaksanakan sholat subuh puasa tidak sah.

Semoga tulisan yang sangat singkat ini bermanfaat bagi sahabat tolongshareya.



CAR,FOREX,DOMAIN,SE,HEALTH,HOME DESIGN

You Might Also Like:

Disqus Comments