Kenapa ya Nasi Koq Jadi Cepat basi..?? Berikut Ini Penjelasan dan Triks Untuk Menaggulanginya !!

Trik Membuat Nasi Tidak Cepat Basi

Cara menghindari agar nasi tidak mudah basi dan bau - Banyak diantara kita yang sering menemui masalah nasi menjadi mudah sekali basi. Bahkan kadang kurang dari 8 jam dari kita memasaknya tapi sudah bau tidak enak dan warna nasi menguning.  Jika begitu tentu nasi basi tersebut sudah tidak akan dikonsumsi lagi lalu dibuang. Kemudian muncul pertanyaan, bagaimanakah cara supaya nasi tidak cepat basi?



Sebenarnya jawaban trik membuat nasi tidak cepat basi sangatlah mudah dan untuk itu disampaikan oleh seorang peneliti bidang pangan, Prof. Djoko Said Damadjati, "Ketika sedang memasak nasi di rice cooker setelah terdengar tanda atau bunyi nasi sudah matang, segera dibuka tutupnya lalu nasi di aduk-aduk agar uapnya keluar". Djoko beralasan cara menghindari nasi jadi basi dimulai dengan proses pemasakannya. "Penyebab nasi bau, jika kita tidak cepat membuka atau mengaduk nasi saat sudah matang. Karena uap itu dapat menghasilkan air yang terlalu banyak di dalam nasi. Sehingga menyebabkan mikroba cepat berkembang."

Profesor Djoko juga menyarankan, agar memasak nasi dilakukan dua kali sehari, yakni pada siang dan sore hari. "Jadi nasi dimasak untuk makan siang. Sedangkan sore bisa dimakan untuk malam atau pagi harinya. Karena kalau nasi dimasak pagi lalu dimakan untuk keesokan paginya, nutrisi yang ada dinasi itu justru tidak ada," jelas Djoko.

Dengan trik membuat nasi tidak cepat basi yang diterangkan diatas, Sobat sehat tidak akan lagi menemui nasi berwarna kuning dan bau apek. Yaitu dengan mengetahui bahwa cara mencegah nasi basi dari cara pemasakannya. Baca juga artikel menarik tentang Bahaya Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung MSG, Makanan Berikut Ini Ternyata Mengandung Banyak Kolesterol.

You Might Also Like:

Disqus Comments